Blog Tidak Melulu Tentang Konten dan Penghasilan

By | Maret 15, 2018

Kurangcermat.com – Bagi saya blog sudah tidak asing lagi terutama blogger yang dimiliki google ini. Cerita sedikit perjalanan karir saya yang slalu kandas di dunia per-blog-an. Dulu sekitar tahun 2008 waktu saya masih kelas 2(8) SMP, saya ingat masa itu masih pake symbian, karna android belum ada. Saya udah mulai tertarik dengan dunia blog, sebenernya penasaran bukan tertarik. Karna belum suka nulis, SMP saya masih suka main-main layaknya anak SMP lain. Dengan symbian 6600 besutan nokia saya mulai ngeblog di platform blogger, pada masa itu tarif internet masih mahal tapi kebutuhan internet juga masih sedikit karna kita browsing masuk ke banyak link aja gak nyampe 1mb, bayangin kalo sekarang sehari paling gak ngabisin 300-500 mb di jaringan 4g android.

Oh iya, sebelum di blogger udah lebih dulu buat semacam web gitu di xtgem.com pas jaman rame-ramenya mig33, xtgem ini semacam mobile site. Bagaimana tips-dan trik mig33, bahas roll buat dapetin IDR, beli emoticon, dan aplikasi buat bot username. Rasanya seru main xtgem pada masa itu, entah sekarang masih ada apa udah ilang, kemarin pas saya coba buka lagi ternyata masih menyediakan platform mobile site. Saya merasa keren di sekolah karna yang lain belum ngerti situs internet saya udah punya situs di internet, jadi dimana-mana vandal situs internet saya, dikantin saya tulis link, tembok kelas, buku pelajaran dan media lain yang mendukung buat saya tulis. Oke, yang ini jangan ditiru karna akan merusak pemandangan sekolah kalian. Tapi manfaat selain jadi vandal, udah paham hits, range, dan ngatur web supaya terindeks di google tapi belum paham penggunaan SEO. kalo ada yang penasaran pingin liat masa-masa smp ku di internet bisa diakses kijoe.hexat.com

Kok bisa anak SMP punya banyak pulsa buat browsing internet? Sejam di warnet aja udah motong 50% uang jajan? Gimana bisa buat bikin web yang notabene banyak menghabiskan data?

Dulu pas jaman operator 3(tri) baru masuk indonesia, itu data internet masih gampang dijebol. Sebenernya hampir semua operator bisa dibobol tergantung dari proxy mereka tembus gak. Udah agak lupa akan pencurian data tersebut, ini sebenernya gak bagus buat di share tapi sekedar sharing pengalaman aja. Seingatku pakai operamini handler, migg33 juga bisa. Intinya pake aplikasi oprekan yang mana proxy dan port bisa diubah, terus kita setting apn dengan rubahan proxy dan port juga, itu udah bisa buat browsing di operamini tanpa batas kuota, yang ada batas waktu paling lama sebulan mati, ganti proxy lagi gitu terus. Dulu kenapa saya bisa kenal xtgem dan blogspot ya dari kebebasan akses tersebut, makannya browsing-browsing gak sengaja masuk menu registrasi xtgem. Di SMP sempet terkenal karna dari mulut ke mulut anak anak minta di bantuin buat internet gratis, sebenernya trik tersebut sangatlah simple tapi anak-anak belum mau belajar tentang trik handler tersebut, ketika tri jebol pada pake tri semua, xl jebol ganti xl gitu seterusnya sama seperti sekarang kartu sekali buang.

Sekitar tiga bulan di xtgem bosen juga gak keurus. Belum punya konsistensi akan dunia yang sedang digeluti pada saat itu. Gak berlangsung lama kenal juga sama blogspot tuh. Mulai nulis-nulis tips dan trik internet, berbagi operamini handler, mig33 handler yang gratis tis tis. Feedback yang masuk lumayan banyak, rasanya seneng banyak yang baca ama komen, bahkan pada nanyain kalo misalnya trik internet sudah gak bisa di pakai. Jadi udah ada pembaca yang nungguin postingan saya bakal ngasih trik yang wortid pada waktu itu. Hingga pada akhirnya saya gak fokus karna buat forum kecil kecilan lupa dulu gimana caranya. Yang aku ingat pakai dcms dan johncms buat forum pake domain co.cc. Disitu bikin semacam kaskus versi amatir yang mengkhususkan tips dan trik internet beserta aplikasinya. Banyak juga yang berkunjung dan diskusi trik apa yang bisa di pakai. Di daerah regional masing masing, karna trik gratisan tiap daerah beda settingan. Alhasil blognya terabaikan dan gak keurus lagi, untungnya pengunjung blog pindah ke forum semua karna emang saya sempat bikin postingan bahwa saya juga punya forum untuk memudahkan sharing info mengenai dunia internet.

Selalu belajar dan terus belajar, penasaran dengan hal baru. Haha sombong kali kau ini. kenal dengan mywapblog. Situs blog untuk platform mobile yang lebih ringan, efisien dan enak di kelola. Buat blog baru kali ini di mywapblog. Forum tetap jalan tapi lumayan terabaikan info-info yang saya share. Akhirnya sibuk dengan edit-edit dan posting di mywapblog, blogwalking, dan pada akhirnya forum gak kerurus. Antusias sesama MWB (biasa disebut) yang sangat solid membuat saya semakin semangat. Jadi, pas kita blogwalking ke situs sesama MWB gak akan lama mereka juga akan berkunjung balik, yang menyebabkan visitor kita naik. Terlebih MWB yang ringan ini mudah terindek di google, jadi gak perlu kita belajar SEO udah otomatis masuk di indeks google, bahkan sering di urutan atas ketika kita memasukkan kata kunci. Misalnya kita buat postingan dengan judul “trik internet gratis XL paling work” ketika kita searching di google “trik internet gratis xl” banyak situs MWB yang ada diurutan atas. Caranya cukup blogwalking ninggalin jejak aja udah ampuh buat naikin rank, apalagi kalo yang ngunjungin banyak. Setengah tahun berkutat dengan MWB lama-lama pengunjung blog jarang yang baca postingan, paling Cuma blogwalking komen spam gak bermutu “mantap postingannya, ninggal jejak gan, jangan lupa berkunjung balik” komen komen semacam itu yang bikin saya bosan di MWB. Sayangnya mywapblog.com sekarang udah gak bisa diakses lagi alias tutup di pertengahan 2016 kemarin, padahal mobile site ini sangatlah enteng asalkan sesama blogger tidak hanya spam namun lebih memperhatikan ke konten.

Kelas 11 SMA sekitar tahun 2011, saya ketemu arga temen seangkatan. Ternyata ini anak pinter banget dunia IT, beberapa langkah lebih maju ketimbang temen kita SMA. Dia udah bisa hack situs web, bahkan situs luar negeri pun bisa ia bobol. Waktu itu saya di kasih domain, gak tau latar belakang dapetinya gimana. Saya dikasih domain www.agi.in link situs yang sangat simple Cuma 3 huruf aja, saya kolaborasikan sama blogspot karna belum kenal wordpress.org. Kalo kalian gak percaya bisa buka situs tersebut, tapi postingan udah saya hapus semua gak ada isi, tinggal timeline twitter saya aja di sebelah kanan. dari tahun 2011 sampe sekarang gak pernah perpanjangan domain tapi masih aktif dan bisa diakses. Tau bakal lama tanpa perpanjangan kayak gini dulu saya urus serius ya ini situs, pasti udah terkenal dan banyak viewer bahkan adsense juga udah menghasilkan, pasti udah jadi blogger terkenal. Niatnya kemarin mau saya kelola lagi, pas masuk ke blogspot email sama password salah mulu, buat verifikasi nomer ama email juga udah gak tau kemana.

Bersama dengan berdirinya www.agi.in masih ditahun yang sama, saya ngobrol ama septi temen seRT di rumah, bocah ini juga suka oprek HP dan bikin web kayak gini dengan modal hp. Dulu pakai sony sistem java sekarang udah android tetep aktif. Kenal lah sama wordpress.org bisa disebut self hosted, yaitu blog mandiri dengan menggunakan domain dan hosting terpisah. Disinilah terbentuk cirispid.com blog kedua dengan domain sendiri, namun beda platform. Lagi dan lagi keasyikan dengan wordpress, blogspot terabaikan gak ada konten. Untuk cirispid.com domain legal beli di namecheap.com, bukan beli sih tapi menang kuis di twitter dan dapet $10. Bisa buat beli domain setahun. Karna dulu belum punya rekening apalagi saldo paypal, Hostingnya pakai yang gratisan dari idHostinger penyedia hosting gratisan dari Indonesia, yang sekarang sudah berganti nama menjadi Hostinger. Space ama bandwith dikit tapi kalo gratis kan gak masalah. Sibuklah ngurusin wp-admin posting sana-sini. Di SMA udah ngerasa keren aja punya domain .com dan .in sekaligus. Serasa anak web development banget pada waktu itu. Setelah sekian lama konsisten posting karna udah punya domain .com rasa bosan datang lagi, kedua blog itu gak ada yang ke urus dan vakum dari dunia blog.

Dan yang terakhir ketika awal-awal kuliah tahun 2013, masih aktif main twitter setiap hari puluhan ocehan di twitter. ngadain kuis lagi menyambut ultahnya, seperti biasa ngasih pertanyaan dan pemenangnya dapat $10 diundi secara acak. Username ku masuk lagi dapat $10 untuk selanjutnya di verifikasi ama pihak namecheap, setelah hadiah masuk, mulai kepikiran buat beli domain lagi. Browsing wordpress dan hosting lagi masih pakai metode yang sama hosting gratisan di IdHostinger akhirnya saya ngeblog lagi. Kali ini membahas tentang dunia yang berbeda yaitu dunia android, ditambah lagi udah ada laptop semakin mempermudah masuk ke cPanel. Karna di kosan gak ada wifi saya pun motong uang bulanan buat beli modem, terpilihlah smartfren buat jadi modem dengan paket unlimitednya yang jadi daya tarik. Rajin posting tentang dunia android sebulan bisa buat 20 konten bahkan lebih. Bahkan sering di daftarin backlink dan teman-temannya, blogwalking, dan berbagai lomba blog gak dapat juara juga karna server sering down (maklum hosting gratisan), ikut komunitas blog, dan kegiatan-kegiatan lain seputar dunia blog. Bisa bertahan lumayan lama karna selalu dapat informasi dan hal baru. Tahun 2014 Setelah masuk tahun ke-2 yang mana harus perpanjangan domain, dan gak punya uang. Akhirya situs tidak bisa dibuka. Terpaksa berhenti di dunia blog lagi. Sebenernya dibulan-bulan terakhir sebelum perpanjangan udah lumayan males akan ngeblog. Di awal 2018 ini saya kembali membuat blog di platform wordpress.org dengan link sama kayak pendahulunya kurangcermat.com , tapi ini bukan perpanjangan dari blog yang dulu melainkan bikin baru. Bismilah semoga bisa berkontribusi dan berbagi buat kalian semua dan memberikan artikel-artikel bermanfaat.

Dari cerita ngeblog SMP hingga kuliah tersebut kesimpulan yang bisa saya dapat adalah kita gak bisa banyak cabang mengelola platform sendirian(mungkin saya aja). Kita emang slalu dituntut untuk belajar hal baru, dan itu merupakan sebuah pilihan. Apakah keasyikan dengan yang baru sehingga meninggalkan yang lama atau bisa belajar hal baru dengan mengaplikasikannya di hal lama. Yang kedua, selain dengan hal baru tersebut, motivasi saya ngeblog adalah cari uang, terinspirasi dari eka lesmana yang bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah dari blog. Namun saya tidak membaca bagaimana ia mendapatkan hasil tersebut, seberapa besar perjuangan ia dalam mengelola blog. Yang saya lihat adalah dia sekarang dengan penghasilan besarnya di blog. Its ok. Kalian boleh berorientasi besar dengan mimpi kalian tapi tetap harus bekerja keras dan kreatif, terutama untuk dunia blog. Orang-orang yang bisa menikmati uang dari ngeblog, mereka sudah teruji dengan waktu yang tidak instan, konsisten membagikan konten, dan selalu belajar untuk bisa mempertahankan blog mereka tetap mendapatkan adsense maupun iklan-iklan lain. Dan konten yang saya buat selama ini adalah konten duplikat dari berbagai sumber, itu yang bikin saya tidak bisa bertahan lama di blog. Kalo saran saya kalian boleh ngeblog dengan orientasi di uang tapi tetap memperhatikan kualitas original konten, (misalnya ngeblog didambakan sebagai penghasil uang). Kalian juga harus siap dengan konsekuensi yang bakal dihadapi, menunggu diterima adsense, endorsmen, dan penghasilan awal yang sangat kecil, padahal kalian sudah ngeblog selama 6 bulan tapi kalo selalu materiil yang dikejar serasa itu tidak membuahkan hasil. Yang ada kalian akan bosan stress dan putus asa. Secara logika ketika seseorang udah berorientasi mendapatkan uang yang mereka kejar uang bukanlah ngeblog maupun konten (bikin postingan demi uang). Ketika berhasil tembus dan mendapat endorsmen kalian pasti bangga dapat penghasilan dari blog, ketika adsense tembus pasti senang rasanya akan segera nyairin di western union, selalu memperhatikan viewer/pengunjung blog, optimasi SEO mati-matian demi terindeks, dan masih banyak hal lain yang menyebabkan blog/web didatangi banyak pengunjung. Tapi ingat keorisinilan dan konsistensi ngeblog yang akan tetap terus tumbuh. Seperti hukum alam siapa yang bertahan ia akan tetap besar, dan yang besar pasti jumlahnya sedikit sepeti hukum piramid. Oke ini Cuma statemen saya aja kalo kalian punya pengetahuan yang lebih tentang cari uang secara instan di blog silahkan saja. Yang jelas kegiatan blogging dan youtuber itu sama kayak ojek online. Kebijakan dari blog itu bisa sewaktu-waktu berubah dan kita gak bisa demo akan kebijakan yang menurut kalian gak sesuai. Begitupun dengan pihak pengiklan seperti adsense, mereka bisa memutus kontrak sewaktu-waktu. Jadi orientasi pada uang atau berbagi informasi itu memiliki konsekuensi masing-masing. Ada pelajaran dari mywapblog diatas, bahwa platform blog itu sewaktu-waktu bisa saja tutup, bahkan tidak hanya mywapblog, platform sebesar multiply saja bisa tutup.

Terimakasih buat master-master blog yang udah memiliki blog lebih dari 5 tahun dengan penghasilan jutaan kalian tetap menginspirasi, karna saya yakin perjuangan kalian tidaklah instan untuk bisa sampe sekarang seperti mas eka lesmana dan mas sugeng konsisten dengan konten dunia blog dan adsense, iwan banaran dengan dunia otomotif, lostpacker dengan konten traveling dan masih banyak lagi blogger blogger yang udah konsisten. Kalian menginspirasi. Suksma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *