Bonus Google Local Guide #LetsGuide

By | November 10, 2018

Kemarin (udah lama sih) sekitar tanggal 10 Oktober dapat email dari google local guide. Saya kira sekedar informasi memberi tahu bulan ini kontribusi kita buat maps udah seberapa banyak, atau respon orang terhadap kita di google maps seberapa, foto spektakuler paling banyak dilihat dan masih banyak lagi seputar kegiatan kita di google maps. Biasanya tiap awal bulan ada notifikasi seperti itu, serupa evaluasi kita bulan kemarin di google maps seperti apa dan ada informasi unik yaitu pemberitahuan berapa km lagi perjalanan kita dengan google maps setara jarak bumi ke bulan, sempet ya mereka mikirin kurang berapa kilometer lagi sampai bulan, padahal kan jaraknya 150juta kilometer.

Pas liat subjek email dari google tersebut bertuliskan “Bonus Local guide” wah aku kira dapat komisi nih dari google, atau dapat rumah di Meikarta, ah, tapi google gak sebaik itu deh sepertinya. Karna emang di term of Conditions itu udah tertulis kalo kegiatan ini tidak dapat apa-apa, kamu hanya membantu orang lain mencari tempat dan gambaran suatu tempat. Begitu lah kira-kira. Dapatnya pahala aja.

Local guide emang setiap beberapa bulan sekali ngasih kontributornya bonus ataupun voucher, dalam setahun terakhir saya udah dapat 4 kali. Yang pertama voucher aplikasi ayopop 100ribu minimal pembelian 150rb, waktu itu saya beliin pulsa aja lumayankan bayar 50 dapat 150. Kemudian yg kedua voucher 200rb airyroom, tapi bukan yg eco. Karna bagi saya gak terlalu berguna akhirnya kedaluarsa gak berguna. Yang ketiga dapat 75rb toko point tokopedia, bonus ini paling lumayan gak perlu ada minimal pembelian bisa buat beli apa aja. Dan yang terakhir bonus gratis otten coffe yang bakal saya bahas disini. Beberapa kado tersebut beda-beda nominalnya tergantung dari seberapa banyak kontribusi kita di google maps. Bahkan sekitar tahun 2016 dapat slot 100GB free memory google drive. Lumayan kan, tapi tidak untuk menjadi harapan, intinya program local guide kalo dari sudut pandang komunitas yaitu local guide connect itu mereka berbagi seputar foto disuatu tempat, ada apa saja disana, dan mengulasnya untuk membantu orang lain menemukan dan melihat gambaran suatu tempat sebelum mendatanginya. Yah begitu kira-kira.

Bonus hanyalah sekedar bonus tapi ya tetap lumayan. Jadi ceritanya dapat bonus dari local guide yang keempat kalinya berupa gratis otten coffe drip set. Apa itu drip set? Ternyata eh ternyata sachet kopi berisi 10gr untuk bisa di seduh menemani seharian kita. Lumayan 10gr 45 ribu ongkir ke jogja 38ribu gratis gak ada biaya apapun. Langsung sikat 10 gr otten coffe karna bonus ini Cuma sampai 31 oktober doang, takutnya kelupaan.

Nah pas mau ambil bonus tersebut ada 4 pilihan kopi dari berbagai daerah. Ukuran dan harganya tetap sama ya. Dan Cuma dapat 1 doang jadi pas saya order itu gak bisa mengambil dua. Dikasih satu minta banyak. Langkah selanjutnya order sesuai belanja online umum, ikuti prosedur. Bedanya ada  kode voucher yang udah di dapat tadi. Dan secara otomatis paket drip set tersebut menjadi 0 rupiah, beserta ongkirnya 0 rupiah. Tidak kebayang kalo local guide dari Jaya pura, bunaken, entikong atau merauke dan daerah perbatasan yang jauh dari Medan. Otten coffe kan di Medan ya, bakal bayar berapa tuh buat ongkirnya saja, Cuma ngirim satu paket seharga 45ribu. Oke, terlepas dari itu, Saya kira otten bekerja sama dalam program ini pasti sudah punya pertimbangan dan tujuan lain yang jelas bukan untuk membangun Meikarta.

Begini email gratis kopinya. Sekitar tanggal 10 saya dapet email tersebut

Bangun tidur ya sekitar jam 8 lebih lebih dikit, langsung konfirmasi pengambilan voucher aja keburu pingin ngopi ala kafe. Ups, ternyata harus registrasi dulu untuk bisa pesan ataupun yang sekedar mengambil voucher.

Bagi member baru kayak saya ini dapat voucher langsung dari otten-nya, ngambil voucher dapat voucher, gimana ceritanya. Dan nominalnya lebih banyak dari local guide. Dapat dua yaitu dari kegiatan saya melakukan registrasi dan aktivasi masing-masing 50ribu. Kedua bonusan ini tidak serta merta bisa diambil, kalian yang jadi member baru harus belanja terlebih dahulu senilai 300ribu baru bisa di pakai. Jadi istilahnya bayar 200 dapat 300 begitu. Dan juga bisa di pakai selama satu bulan kedepan dari tangal registrasi, pastinya Cuma sekali pakai aja ya, enak kali kalo berturut-turut.

 


nah, gambar barusan proses ambilnya, simple kan, tapi lebih simple ngopi di cafe tinggal minum aja.

Setelah semua kelar tinggal nunggu paketan. Padahal pingin ngopi dari bangun tidur, tapi kopinya masih di medan belum di packing.

Enam hari berlalu tanggal 16 tepatnya, dapat email dari otten, dia bilang pesanan telah dikirim. Dalam hati, buset dah sampai enam hari gitu ya proses packinya. Mau menjelek-jelekkan tapi kok gratisan, gak patut banget kan, dan bukan perbuatan terpuji sih. Tapi kok penangannya lama seperti ini, yang niatnya voucher registari mau tak ambil jadi ragu.

Tapi setelah di pikir-pikir, seberapa banyak orang yang menukarkan voucher local guide tersebut di seluruh indonesia. Mungkin itu masalahnya yang bikin proses packing jadi lama. Saya yakin juga disitu masalahnya.

Dari program ini saya rasa pihak yang paling di utungkan bukan lain dan tidak bukan jasa ekpedisi. Gak ikut bekerja sama tapi ikut dapat untung. Makanya di jaman online shop kayak gini kalian buka jasa ekpedisi aja pasti kemungkinan kecil untuk gulung tikar. Kalo uangnya dikit buka agent jne/jnt kan di daerah. Ngomong aja emang gampang ngejalaninya, pffft.

Akhirnya setelah perjalanan panjang kopi-kopi saset ini dateng setelah melalui darat laut dan udara. Waw isinya 4 pcs kopi saset seberat sepuluh gram, bisa dikatakan 4 cangkir kopi nikmat dari google local guide buatan otten coffe. Seni bermain kopi ternyata begini ya. Untuk menyeduh 4 cangkir kopi harus menunggu selama sepuluh hari yang dikirim dari Medan khusus buat anda-anda semua.

packing dari otten, tak banyak lilitan lakban. saya rasa antara sudah terlalu percaya sama jasa ekspedisi atau gak sempat?

cakep kan, ada stiker local guide di pojok kiri atas. Benar-benar otten nan otentik.

Oke kira-kira segitu aja sekilas info mengenai local guide, tidak ada bayaran dari kegiatan ini, tapi setidaknya saya sebagai pengguna maps setia merasa butuh kehadiran local guide. Memberikan info berupa gambar, ulasan dan menjawab pertanyaan tentang suatu tempat memudahkan orang lain mencari tau suatu tempat dan memberikan mereka gambaran bagaimana sih tempatnya. Bukannya manusia itu harus tumrap marang liyan berguna bagi orang lain. Yakan? Bayangkan kalo tidak ada local guide? Apakah taksi online bakal bikin maps, mengolah dan mengisinya sendiri? Itu contoh aja. Ada yang lebih kongkrit. Mengedit informasi yang tidak benar di google maps.

Tambahan info, kalo kalian juga suka hal sama kayak saya ini, suka foto-foto tempat baru, ngasih ulasan, bantu jawab, edit tempat, dan banyak ngasih saran di maps, intinya ngerasa Local guide bisa gabung di komunitasnya aja disini. Komunitas ini banyak bicara seputar local guide pastinya ada bahasan tentang Meet Up (semacam kopi darat gitu), food crawl, dan masih banyak aktifitasnya langsung aja kepoin biar dapat banyak informasi dan pengalaman. gak ada salahnya juga kan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *