Perjalanan Bandung Gunung Cikuray Menggunakan Sepeda Motor

By | Maret 21, 2018

touring bandung

Kurangcermat.com – Masih dari bandung, melanjutkan cerita kemarin Solo Touring Jogja-Bandung, hari ini rencana perjalanan bakal dilanjutkan Bandung gunung Cikuray menggunakan sepeda motor. Setelah istirahat semaleman bangun tidur punggung serasa kayak udang melengkung hasil dari berkendara seharian, hari selasa saatnya untuk packing dan pinjem/sewa alat-alat yang kurang buat ke Cikuray. Saya sama novan memang suka naik gunung, tapi bukan pendaki ya, Cuma kalo ada waktu luang dan pingin mendaki ya naik gunung yang deket-deket di jawa tengah. Kebetulan ini kali pertama saya sama novan mendaki bareng. Berhubung saya gak tau dan buta arah di bandung, manut saja mau nyari tempat persewaan dimana.

Sebelum menyewa alangkah baiknya kalo kita nyari pinjeman dulu semaksimal mungkin. Kalo udah tidak ada teman yang bisa dipinjemin barulah ke tempat penyewaan. Prinsip saya mendaki gunung walaupun tidak punya alat harus tetap dengan biaya hemat. Ternyata teman-teman novan banyak yang suka mendaki, cobalah kita kombinasiin apa yang mereka punya kita pinjam. Setelah pinjam sana sini, kurangnya kita ke penyewaan buat nyewa alat 3 hari.

Perjalanan Bandung – Gunung Cikuray

Haripun tiba saatnya berangkat ke Garut. Perjalanan dimulai dari bandung jam 9 pagi menuju ke garut menggunakan sepeda motor. Keluar Rancaekek liat kiri kanan jalan banyak yang jual ubi cilembu, lumayan juga buat logistik di gunung, biar ada kombinasi nggak melulu makan mie. Perjalanan yang dilalui sama kayak kemarin lewat Nagreg. Kalo dari arah Bandung lewat jalan nasional masuk ke pertigaan Nagreg ambil arah Garut. Disana udah ada petunjuk jalannya saya yakin tidak akan tersesat. Pemandangan lingkar Nagreg sudah terkenal dengan keindahan liukannya, Subhanallah.

Liukan jalan dan tanjakannya bikin MX menjerit. Jalan di Garut terbilang sempit menanjak dan padat lalu lintas ditambah banyak angkot yang tiba-tiba berhenti dipingir jalan. Disinilah ketangguhan MX diuji seberapa kuat panas mesinmu nak. Sesampainya di garut sekitar 2 setengah jam perjalanan karna tadi di Bandung kena macet, kita nyari minimarket paling terkenal se Indonesia Raya (indomaret dan alfamart) untuk beli logistik dan kebutuhan-kebutuhan lain seperti baterai, tisu basah, dan obat pribadi. Kalo semua kebutuhan udah terpenuhi jangan lupa buat di cek lagi ya siapa tau ada yang kelupaan, biasanya kebutuhan pribadi kayak obat-obatan yang sering lupa karna udah fokus ke makanan dan cemilan.

Garut – Dayeuhmanggung

Ada tiga pilihan jalur pendakian di gunung Cikuray, jalur Cikajang, jalur Bayongbong dan jalur Dayeuhmanggung (pos pemancar). Kita bakal lewat jalur yang terakhir pos pemancar dayeuhmanggung. Kalo dari Bandung, basecamp Dayeuhmanggung merupakan akses terdekat. Untuk mencapai kesana jalanan cukup luas bisa dilewati mobil namun yang dilalui tidaklah mudah, medan jalan belum aspal, masih banyak makadam (batu-batu tertata) tanjakan dan tikunganya membuat MX harus bekerja ekstra mengantarkan kita ke Pos Pemancar. Apalagi pas masuk area kebun teh sensasi perjalanan lebih terasa. Deru mesin semakin menggeru-geru seringnya memainkan kopling diantara bebatuan. Indahnya kiri kanan jalan, hijau daun teh dan sejuknya udara pegunungan membuatku ingin berlama lama disini sampai kita terlena dan tersesat jauh dari jalur pemancar. Setelah nanya-nanya warga setempat menuju ke pemancar harus muter balik sekitar satu kilometer. Nah, kalo dijalan-jalan desa seperti ini yang jarang ada petunjuk jalan, alangkah baik sering nanya warga setempat sekalian menyelami keadaan warga dan indahnya silaturahmi di daerah yang kalian lewati.

perjalanan bandung cikuray

Tersesat dan harus muter balik

Setelah kembali ke jalan yang benar, sampailah di pos retribusi perkebunan teh, tak lama motor berhenti bapak satpam langsung nyamperin ngobrol sama novan yang saya sendiri kurang mengerti maksud pembicaraannya (pakai bahasa sunda), disinlah saya berfikir asik juga ya belajar bahasa daerah di negeri yang mempunyai banyak kebudayaan dan bahasa ini. Seperti biasa kita diminta untuk isi administrasi buku tamu bayar 2ribu dan ngobrol sebentar sama yang jaga. Cukup sudah haha hihi nya hari semakin sore, perjalanan harus dilanjutkan lagi ke pos pemancar. Bapaknya bilang udah nggak jauh Aa’ sekitar limabelas menit lagi nyampe.

jalur gunung cikuray

perjalanan bandung cikuray

Jalanan terjal menanjak dan tikungan, setelah melewati pos retribusi

Pos Pemancar Cikuray

Bener juga, nggak lama udah nyampe pos pemancar cikuray sekitar jam 2, total perjalanan sekitar 5 jam udah sama mampir, istirahat dan tersesat. Kita pun memutuskan buat istirahat dulu sebentar malamnya baru mendaki ke puncak biar paginya bisa liat sunrise indah di tanah garut. Selesai sudah perjalanan Bandung – Garut – Pos Pemancar Cikuray.

Nantikan perjalanan selanjutnya tentang ulasan pendakian gunung cikuray via pos pemancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *