Majestic Lereng Merapi di The Lost World Castle

By | April 30, 2018
wisata di kaliurang

Majestic sekali diliat dari bawah

Kurangcermat.com – Wisata di Yogyakarta rasanya gak ada habisnya buat di ulas, selalu ada saja tempat-tempat wisata baru di kota pelajar ini, tidak hanya itu, yang paling pasti selalu ada inovasi untuk mengembangkan wisata. Berbicara mengenai tempat wisata untuk saat ini lebih cenderung ke wisata alam yang sedang banyak di gandrungi, disisi lain wisata buatan pun ikut berkembang melihat potensi wisatawan di Jogja terus meningkat. Melihat potensi wisata alam yang tinggi, banyak pihak swasta membuat tempat wisata dalam bentuk bangunan di dekat wisata alam sama saja ikut menumpang ketenaran yang sudah ada.

Biar tidak makin ngaco, belum lama ini saya berkunjung ke The Lost World Castle yang berada di kaki gunung merapi. Wisata di daerah kaki gunung merapi saat ini selalu ramai pengunjung. Terdengar dari namanya saja sudah ke-western-an, menurut google translate berarti “Benteng Dunia yang Hilang”. Memang benar, konsep dari wisata ini berupa bangunan baru yang dibuat seolah-olah kita berada di castle macam eropa sana. Kalo tidak Eropa ya seperti berada di permainan paling terkenal dari jaman old “Benteng Takeshi”. Itukan di China bukan Eropa, itulah, intinya dunia yang hilang.

Lokasi tepatnya secara administratif di desa Kepuharjo Cangkringan, masih satu lokasi dengan wisata lain di daerah Kaliurang. Saya yakin kalian sudah tahu daerah sini kalo tahu letusan dahsyat gunung merapi tahun 2006 dan 2010 yang sering muncul di berita nasional. Karena di lokasi masih masuk Kawasan Rawan Bencana, suatu saat kita tidak ada yang tahu gunung paling aktif di Indonesia ini kembali memuntahkan isi perutnya. Dari situlah asal muasal nama The Lost World Castle, yang bisa saja lenyap disapu oleh gunung merapi, makannya pakai nama the lost.

Rute menuju The Lost World Castle dari Yogyakarta

Nah, sebelum melihat ke dalam, untuk akses menuju kesini terbilang lumayan susah terutama buat wisatawan dari luar jogja, berada di dekat merapi golf ke utara lagi dikit, jalan yang bakal dilalui pun banyak pertigaan dan minim petunjuk jalan.

Untuk lebih mudahnya lewat jalan Kaliurang setelah melewati TPR masih naik terus, tidak jauh dari situ ada pertigaan yang mengarah ke desa wisata petung. Ambil kanan saja ikuti jalan , jangan kaget ya nanti jalanan berubah ke batuan khas merapi (belum aspal), tapi tenang aja mobil masih bisa masuk kesini tapi harus lebih hati-hati jangan sampai nyangkut. Ikuti jalan saja terus sampai ada pertigaan kopi merapi, nah dari situ belok kiri terus ada pertigaan lagi belok kanan, tak jauh dari situ bakal ada gerbang megah selamat datang di The Lost World. Dari gerbang di kiri jalan ada obyek wisata baru juga Stonhenge Merapi, nanti saya ulas di postingan berikutnya. Kalian lurus aja nggak jauh kok sekitar 100 meter udah sampai.

rekomendasi wisata di jogja

Pintu masuk The Lost World

Waktu kesini saya pakai motor vario, lumayan susah juga jaga keseimbangan. Karakter motor matic mesin berada di belakang, sehingga pas kena batu batu lumayan nonjol, langsung gelimpungan kaki turun. Beberapa kali nyangkut kena batu juga.

Tiket masuk The Lost World Castle

Saya kesini awal januari kemarin harga tiket masuk masih 25ribu. “ha? Masih 25ribu?” kenapa? Kemahalan? iya, memang harga tiketnya lumayan mahal, lawong masih dalam tahap pembangunan banyak yang belum selesai udah 25ribu, dan harga yang tertera di tiket justru lebih tinggi, mereka mematok harga 60ribu satu orang dewasa. Kemungkinan nantinya kalo sudah 100% jadi, harganya bakal sesuai di tiket. Sayangnya tidak ada tiket terusan ke Stonhenge dan Rumah Hobbit. Jadi kalo kalian kesana setiap di obyek wisata bayar tiket masuk lagi.

Apa saja isi dari The Lost World Castle

Tempatnya berada di tebing, disebelah kiri dari loket ada jurang, saya kira ada banyak objek disana, ternyata hanya ada replika bangkai tulang belulang dinosaurus. Kemudian ditengah ada spot foto ala-ala kids zaman now, model jembatan buntu gitu, ngambil baground Cuma langit. Seperti gerbang menuju kahyangan, sayap malaikat, dan ada juga motor cross ikut dipajang. Menurut saya malah melenceng dari tema, tapi banyak juga yang foto disana.

Masuk ke bangunan kedua lumayan masuk di tema old skool gitu, lorong dan jalan seperti tembok China. Kemudian di bawah juga ada objek kuda jingkrak untuk properti foto, di sebelahnya ada kawasan suku indian (Apache) yang bersebelahan dengan telur-telur dinosaurus. Bahkan di tempat yang lain agak kebawah lagi ada tempat foto 3D menyeberangi jurang. Bahkan yang lebih membingungkan lagi ada replika taman bunga sakura skala 1:1.

wisata di kaliurang

Taman Benteng ada bunga sakura bermekaran diliat dari loteng nih.

the lost world castle

Jalanan seperti di atas bangunan tembok China

wisata di jogja

Bangunan utama terpampang megah dan klasik.

wisata di kaliurang

Loteng utama

Gimana lengkap kan? Saya lupa tidak nanya ke penjaga wisata disini terkait sejarah dan 5W+1H berdirinya The Lost WorldCastle. Mungkin (pemahaman saya) pihak pengelola ingin menampilkan berbagai objek dalam satu ruang. Untuk menggambarkan sejarah bangunan kuno, dilengkapi dengan properti foto kekinian, ada sisi budaya juga suku Apache, dan sejarah ribuan tahun lalu bangkai-bangkai dinosaurus.

Mungkin sekarang sudah banyak penambahan lagi, terakhir kali saya kesana bulan januari dalam tahap pembangunan. Masih banyak tukang yang ngerjain padahal banyak wisatawan, kenapa nggak milih salah satu aja ya ,mau dirampungin apa dibuka ala kadarnya. Paling tidak solusinya waktu ngerjain malam hari, siangnya fokus ke wisatawan dan pengunjung saja biar lebih terkesan rapi. Ya, itu semua balik lagi ke kebijakan dari pengelola wisata. Sebelumnya malah gratis karna belum ada perizinan dari pemerintah.

Wisata ini masuk ke golongan wisata keluarga dan edukasi, tapi kalo kalian mau pacaran disini masih dirasa wajar kok karna lokasinya yang (fotogenic).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *